Monday 25 April 2016

5 PHP Framework Untuk Memudahkan Anda Membuat Aplikasi atau Website

Dalam membuat sebuah aplikasi atau website untuk seorang programmer bisa dikatakan susah-susah gampang karena tidak semua programmer mempunyai keahlian yang banyak. Dan bagi sebagian programmer kadang mereka selalu ngoding dari awal atau nol. Padahal masih banyak framework-framework yang bisa digunakan dan mempermudah proses pengerjaan aplikasi atau website tersebut. Karena framework itu sendiri sudah menyediakan library-library yang kita hanya tinggal mengakses atau memanggilnya saja seperti database, captcha dan masih banyak yang lainnya.

Kelebihan menggunakan framework adalah sebagai berikut :

  1. Ringan dan cepat. Framework hanya melakukan pemanggilan pustaka/kelas yang dibutuhkan sehingga meminimalkan resource yang diperlukan sehingga ketika kita me-load sebuah halaman akan menjadi ringan dan cepat.
  2. Menggunakan metode MVC. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan metode MVC akan mempermudah kita dalam memahami alur pemrograman karena untuk bagian tampilan, logika dan query database telah dipecah sedemikian rupa.
  3. Mayortitas mendukung berbagai jenis database.

Nah, sudah tahu kan kegunaan framework itu sendiri dan berikut macam-macam PHP Framework:

1. Laravel


Framework Laravel adalah sebuah framework yang membawa ideologi yang sekarang ini jarang kita perhatikan. yaitu aspek "Clean Code" dan "Expressiveness". Framework ini mengaku "Clean and Easy", kodengnya lebih singkat dan mudah dimengerti. Jadi ketika anda membaca sekilas baris kode pada framework laravel anda akan langsung mengetahuinya.

2. Code Igniter

Framework Code Igniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. CodeIgniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

3. Yii


Framework Yii merupakan gagasan dari pendirinya Qiang Xue yang memulai proyek Yii pada tanggal 1 Januari 2008. Qiang sebelumnya mengembangkan framework Prado. Yii sampai saat ini menunjukan metrik kinerja yang sangat mengesankan bila dibandingkan dengan framework PHP lainnya dan segera menarik perhatian yang sangat positif serta popularitas terus tumbuh pada tingkat yang semakin meningkat.

4. Zend 2


Zend Framework 2 adalah framework open source untuk membuat aplikasi dengan menggunakan konsep OOP. Sekarang Zend Framework sudah semakin maju karena perusahaan yang membuat framework ini sudah membuat Zend Framework 2 pasti lebih bagus kan dari zend framework yang versi sebelumnya. 

5. Symfony

Symfony Framework adalah  project open source yang dikembangkan oleh sensio-labs, salah satu perusahaan pengembang web yang berasal dari Prancis. framework symfony juga menggunakan konsep OOP. bahkan hingga ke struktur databasenya, schema, dan query juga didefinisikan sebagai objek.

Demikianlah artikel tentang 5 PHP Framework Untuk Memudahkan Anda Membuat Aplikasi atau Website mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi blog Dewa Coding 21 

Related Posts

5 PHP Framework Untuk Memudahkan Anda Membuat Aplikasi atau Website
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.